Sabtu, 15 Januari 2011

Mas KOKI.... gak susah kok ngerawatnya

Ini ikan Mas Koki dan Mbak koki saya. Letaknya Di Aquarium Tinggi... jumlahnya untuk sementara 9 Ekor, 4 ekor Mas Koki jambul, 2 Ekor mas koki biasa, 3 ekor mas koki mata balon (nama ini saya dapat dari sepupu saya). Ikannya manja banget, kalo liat kita merhetiin mereka, langsung deh mereka berlarian ke permukaan Aquarium mintak makan (Contohnya pas saya mo ngambil gambar ini, begitu liat saya merhatiin aQuarium, langsung mereka berlarian ke permukaan mintak dikasih makan). Pertama kali saya beli Koki 6 ekor... 3 koki biasa n 3 koki mata balon. Awalnya baik2 saja mereka berenang. hari pertama emang butuh adaptasi mereka untuk tahu gimana cara ngedapatin makanan.... so buat kalian yang baru beli Koki, jangan dulu dikasih makan sehari... kalo mereka udah mulai mintak baru dikasih.... coz kalo langsung kita kasih pas mereka baru masuk Aquarium.... dijamin gak kan dimakan n cuman bikin air keruh n kotor aja. Problem pertama muncul saat saya masukin Filter penyedot. ketika esoknya saya liat ada koki yang sayapnya sobek n luka. Saya langsung ngambil kesimpulan pasti ketarik kedalam pipa penyedot filter. Langsung aja saya ikat ama karet lobang filternya supaya lebih kecil n si sayap koki gak kan tersedot. Emang kebukti untuk sementara, ampe sekarang gak ada kejadian sirip ikan koki kesedot ampe robek.... tapi koki yang sayapnya robek itu cuman bertahan sehari sebelum akhirnya meninggal. Beberapa hari berikutnya masalah yg muncul adalah air cepet banget butek... tiap dua hari sekali terpaksa diganti total airnya.... Problem kedua muncul, koki ku yang mata Balon salah satunya tiba2 lemes n gak mau berenang... dan muncul bintik putih di sirip punggungnya. Setelah saya browsing, itu penyakit namanya "White spot". TIDAAAAKKKKK... dan saya bersyukur saat itu saya tidak menyerah melihara Koki (Coz hampir semua temen saya merekomendasikan bahwa melihara Koki itu sangat sulit). Setelah saya kumpulkan informasi, ternyata selain obat ikan (yang emang susah saya dapatkan di kota BENGKULU), obat tradisionalnya adalah garam ikan. Ha???? baru denger saya garam ikan. So coz saya gak yakin ada jual garam ikan diBengkulu, saya pake aja garam yang dijual di minimarket deket rumah (Beryodium) saya masukin tuh garam ke Aquarium dengan perbandingan 2 sendok tiap sepuluh liter biar semua ikan juga bersih dari penyakit WhiteSpot (kalo saya kira2 aquarium saya sekitar 15 liter, jadi saya masukin 3 sendok garam). dan Eksperiment saya berhasil. sekitar 2 hari ikan saya udah aktif kembali (tapi ingat, ngasih garamnya jangan kebanyakan, si ikan bisa gangguan pencernaan dan perutnya membuncit dan bisa mati lo).
Ternyata Ikan maskoki tuh gak bisa kita ganti airnya total dalam Aquarium, mereka ikan yang gak mudah beradaptasi dengan suhu dan kondisi air yang baru. So kalo kalian pengen ganti air AQuarium yg isinya koki, maksimal 50% aja, kalo masih Butek alias keruh, tunggu 3 hari baru ganti lagi 50% n begitu seterusnya sampe Jernih. ampe sekarang alhamdulillah ikan kokiku sehat2 aja (udah 2 bulan no problemo) dan yang menyenangkan adalah aku gak pernah ganti air Aquarium koki coz aquarium kokiku udah stabil kayak sungai di alam bebas sirkulasinya. Mo tau cara biar Aquarium kita gak usah ganti air lagi??? tunggu postingan saya selanjutnya.... coz saya dah capek ngetik... moga bermanfaat informasi saya.
oh ya, tips untuk ngesih makan koki:
1. sedikit tapi sering lebih baik dari pada jarang tapi banyak
2. kasih makan yang kira2 bisa mereka abisin dalam waktu semenit.... kalo udah semenit gak abis langsung aja kalian ambil sisa makanannya dari aquarium (ini penting!!!)
3. Pastikan tangan kita gak mengandung bahan kimia saat memberi makan koki.

9 komentar:

  1. oh ya, tips untuk ngesih makan koki:
    1. sedikit tapi sering lebih baik dari pada jarang tapi banyak
    2. kasih makan yang kira2 bisa mereka abisin dalam waktu semenit.... kalo udah semenit gak abis langsung aja kalian ambil sisa makanannya dari aquarium (ini penting!!!)
    3. Pastikan tangan kita gak mengandung bahan kimia saat memberi makan koki.

    BalasHapus
  2. Hiks. Saya baru beli ikan buat nambah d akuarium. Ehh semaleman nyangkut d penyedot air. Paginya baru d lepasin. Udah pada rusak siripnya. Kasiaan. Masih hidup tpi hmpir ga bisa berenang

    BalasHapus
  3. RANTAIQQ.COM AGEN BANDARQ DAN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    http://elfebri.blogspot.co.id/2016/05/rantaiqqcom-agen-bandarq-dan-judi_21.html

    BalasHapus
  4. RANTAIQQ.COM AGEN BANDARQ DAN JUDI DOMINO ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA .
    http://mcozfuerte.blogspot.co.id/2016/08/rantaiqqcom-agen-bandarq-dan-judi.html

    ASIANPOKER88 AGEN JUDI DOMINO99 | DOMINOQQ | BANDARQ ONLINE TERPERCAYA.
    http://mcozfuerte.blogspot.co.id/2016/09/asianpoker88-agen-judi-domino99.html

    BalasHapus
  5. Bagus banget artikelnya.. sangat membantu bagi para pemula

    BalasHapus
  6. terimakasih atas infonya, dan jangn lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com/essen-ikan-mas-kilo-gebrus/

    BalasHapus
  7. Ikan saya sirip nya pada sobek kenapa ya padahal penyedot filter saya sembunyikan jauh dari jangkauan ikan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga.. 😭😭😭 gatau kenapa

      Hapus
  8. Wah mantep tuh yang saya juga ikan koki nya kena white spot pke garam ikan alhmdullh lincah lagi tp masih ada sedikit parasit nya

    BalasHapus